5 Hewan Langka Yang Hidup di Indonesia

Info Freebet – Indonesia merupakan kepulauan maritim yang begitu luas lautannya hingga sangat terkenal kepenjuru dunia. Kekayaan alam yang melimpah dan panorama indah yang selalu memberikan arti jika Indonesia itu istimewa. Selain keindahan dan kekayaan alamnya Indonesia juga terkenal sebagai negara endemisme. Diperkirakan terdapat lebih dari 165 jenis mamalia, 397 jenis burung dan 150 reptil serta 100 spesie amphibi yang tercatat endemik Indonesia.

Tapi taukah kamu jika di Indonesia ini ada beberapa jenis hewan langka dan terancam punah hidup di bumi pertiwi. Berikut adalah sedikit data tentang beberapa hewan langkah yang ada di Indonesia.

1. Kucing Merah Kalimantan

Kucing Merah Kalimantan

Kucing yang terkenal dengan sebutan Borneo Bay Cat ini memiliki nama latin Pardofelis Badia. Ciri kucing merah ini adalah memiliki bulu berwarna coklat agak kemerahan dengan bagian perutnya yang berwarna agak keputihan. Kucing ini agak berbeda dari kucing biasanya karena dapat memiliki panjang hingga 55cm dan ekornya dapat mencapai panjang 35cm. Kucing ini terbilang cukup ramping dengan berat 2 hingga 5 kilogram.

2. Komodo

Komodo

Hewan yang diyakini sudah ada pada masa purba kala dan memiliki nama latin Varanus Komodoensis. Merupakan salah satu satwa yang paling di lindungi di Indonesia, karena hewan ini hanya hidup di Indonesia tepatnya di pulau Komodo yang terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan denngan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dipulau Komodo, satwa ini hidup dan berkembang biak dengan baik. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang mencapai 2 hingga 3 meter. Ukuran tubuh yang besar dari komodo ini di dukung oleh gejala gigantisme pulau yakni kecenderungan berbubahnya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup dipulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo.

3. Elang Flores

Elang Flores

Elang Flores atau dalam bahasa latin disebut juga Spizaetus Floris ini merupakan salah satu jenis burung pemburu endemik yang dimiliki oleh Indonesia. Masuk dalam daftar hewan yang terancam punah karena diperkirakan populasinya hanya tinggal 250 ekor sehingga masuk dalam daftar merah kritis. Elang Flores hanya dapat ditemukan di pulau Flores, Sumbawa, Lombok, Satonda, Paloe, Komodo dan Rinca.

3. Beruk Mentawai

beruk mentawai bokoi

Bokoi (Macaca Pagensis) merupakan jenis monyet yang menyebar secara endemik di kepulauan Mentawai, Sumatera bagian barat. Nama bokoi adalah sebutan dari warga setempat untuk beruk mentawai. Secara umum, beruk mentawai mirip dengan hewan sejenisnya yang terlihat berbeda hanya di bagian mahkota bokkoi yang berwarna kecoklatan serta rambut dahi yang lebih panjang.

4. Burung Bidadari Halmahera

burung bidadari halmahera

Si Genit dari Maluku Utara ini merupakan hewan endemik dari Maluku dan masih termasuk dalam keluarga cendrawasih. Burung endemik maluku yang makin hari semakin terancam punah ini memiliki tinggi mencapai 28 cm. Yang unik dari burung ini adalah, ketika Burung bidadari betina ingin memilih burung jantan maka akan dilakukanlah seleksi tarian yang paling indah dan bentangan sayapnya.

5. Jalak Bali

jalak bali

Jalak Bali atau Leucopsa Rothschildi merupakan burung endemik Indonesia yang hanya dapat dijumpai di Pulau Bali bagian barat. Kini burung yang memiliki kicauan indah ini sangat sulit ditemui karena amat langka dan terancam punah bahkan di habitat aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *